Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 September 2010

CAMPUS REGISTRATION FLOW GUIDE SEBAGAI PETUNJUK REGISTRASI MAHASISWA BARU BERBASIS MOBILE APPLICATION




Bidang: Pendidikan

PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010












CAMPUS REGISTRATION FLOW GUIDE SEBAGAI PETUNJUK REGISTRASI MAHASISWA BARU BERBASIS MOBILE APPLICATION






DISUSUN OLEH :

ADHI WICAKSONO                         NIM. 09501241008
NOVA SUPARMANTO                     NIM. 09502241007
          RIZKI AJI SURYA PUTRA             NIM. 09502241003


 

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2010






PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010






Judul                : Campus Registration Flow Guide sebagai Petunjuk Registrasi
Mahasiswa Baru berbasis Mobile Application



Ketua Tim / Penanggung Jawab

Nama                                  : Adhi Wicaksono
NIM                                    : 09501241008
Perguruan Tinggi                 : Universitas Negeri Yogyakarta
Fak./Jur/Prodi                      : Teknik/ Pend. Teknik Elektronika/
                                              Pend. Teknik Informatika

Jumlah Anggota Tim           : 2 Orang mahasiswa




Yogyakarta, 26 Mei 2010

Mengetahui,
Dosen Pembimbing




nama
NIP
Ketua Tim/Penanggung Jawab,





nama
NIM






A.       LATAR BELAKANG

Dunia pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada era globalisasi yang bergerak cepat dan terus melaju dari waktu ke waktu. Agar pendidikan terus maju dan tidak ketinggalan dengan negara lainnya maka pemerintah sebagai pihak yang berwenang dan  kita sebagai masyarakat dalam duni pendidikan diharapkan mampu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi ini.
Dengan memanfaatkan teknologi yang canggih dan tepat guna pada saat ini, dapat menjadi terobosan dan alternatif yang dapat membantu beberapa kepentingan. IT bukan lagi sebagai pelengkap, tapi diharapkan sebagai investasi bagi kemajuan dunia pendidikan.
Untuk membangun sebuah instansi pendidikan seperti Perguruan Tinggi (PT) yang berbasis Teknologi dan Informasi maka kegiatan dalam pendidikan diharuskan menggunakan fasilitas-fasilitas yang canggih dan tepat guna, dimulai dari kegiatan awal mahasiswa baru yang mendaftar di PT tersebut. Kegiatan registrasi ini tentu tidak akan lepas dari kesibukan para mahasiswa baru. Baik itu negeri maupun swasta, akan terlihat lalu lintas mahasiswa yang wajib melakukan pelengkapan baik administrasi maupun non administrasi.
Dengan tempat yang baru, maka calon mahasiswa yang tentu saja sudah diterima di perguruan tinggi negeri idamannya tersebut tidak akan bisa langsung menyesuaikan kondisi. Apalagi baru pertama kali menginjakkan kaki di perguruan tinggi tersebut. Hal ini membuat beberapa mahasiswa baru merasa kesusahan dan kebingungan ketika mereka mendapat beberapa lembar kertas dari kampus yang berisi tentang bagaimana alur registrasi di kampus tersebut. Ada beberapa yang paham, dan bisa langsung bergerak tetapi tidak sedikit yang mengeluh dan kesusahan untuk mengikuti petunjuk yang ada, dikarenakan maksud dari alur yang kurang jelas dan juga tempat-tempat yang disebutkan di alur registrasi yang tidak diketahui oleh para mahasiswa baru tersebut.
Seluruh data tentang alur registrasi masih secara manual dengan buku dan beberapa lembar kertas dalam stop map sehingga kurang praktis dan masih banyak layanan yang belum diberikan secara optimal. Alasan tersebut menjadikan beberapa mahasiswa  kesulitan mencari data dan tempat yang dibutuhkan sehingga memerlukan waktu yang relatif lama.
Masalah registrasi yang kurang jelas tentu saja menjadi salah satu permsalahan yang bisa diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Di samping itu, pada saat ini hampir setiap individu mempunyai handphone sebagai sarana komunikasi. Dan dengan memanfaatkan media handphone tersebut, petunjuk alur registrasi yang dirasa sangat penting sekali dapat diakses dengan mudah oleh setiap mahasiswa baru.  Karena selain lebih praktis, pengguna juga lebih menikmati layanan karena lebih aman dan jelas dan juga efektif.
Sebelum menjadi bagian dari “Yellow Jacket� calon mahasiswa baru diharuskan untuk mengikuti alur pendaftaran ulang salah satunya adalah penentuan besaran Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B)
Permasalahan yang sering muncul disini adalah belum terbiasanya calon mahasiswa mengenai proses pendaftaran online".
Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk membuat software tentang alur registrasi untuk mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi yang dapat diakses oleh handphone (mobile) dengan judul : “”.

Sebelum menjadi bagian dari sebuah keluarga Kampus di PT, calon mahasiswa baru diharuskan untuk mengikuti alur pendaftaran ulang yang di dalamnya banyak sekali yang harus dilakukan mulai dari pembayaran, dan lain-lain sampai proses registrasi selesai
“Permasalahan yang sering muncul disini adalah belum terbiasanya calon mahasiswa mengenai proses pendaftaran online

B.       TUJUAN DAN HASIL YANG AKAN DICAPAI
1.         Tujuan yang ingin dicapai dari karya tulis ini yaitu :
a.       Untuk desain softwareCampus Registration Flow Guide sebagai berbasis Mobile Application” sebagai salah satu fasilitas penting dalam kegiatan registrasi di perguruan tinggi
b.      Unjuk kerja dari software Campus Registration Flow Guide berbasis Mobile Applicatio” sebagai salah satu fasilitas penting dalam kegiatan registrasi di perguruan tinggi


2.         Hasil yang akan dicapai
Hasil yang akan dicapai dari LITM bidang Pendidikan ini adalah berupa produk softwareCampus Registration Flow Guide berbasis Mobile Application sebagai salah satu fasilitas penting yang lebih memudahkan.

Dengan memanfaatkan alarm peka sentuh yaitu alarm yang bisa mendeteksi sentuhan tangan manusia yang diaplikasikan pada helm Standar Nasional Indonesia (SNI), selayaknya dapat direalisasikan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi maraknya pencurian  helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dikawasan kampus.


C.       ANALISIS PASAR DAN EKONOMI
   Keunggulan produk ini antara lain:
1.      Akurasi Data
2.      Mudah
a.       Pihak Kesiswaan lebih mudah menggunakan aplikasi web ini karena dirancang dengan tampilan user friendly.
b.      Mudah untuk melakukan pencarian data dan mencetaknya.
3.      Keamanan Data
Seluruh data disimpan di database server dan hanya dapat diakses oleh administrator dengan sistem keamanan menggunakan password.
4.      Cepat
a.       Penanganan informasi dapat dilakukan dengan cepat
b.      Laporan tertulis secara resmi lebih cepat dibuat karena tinggal mencetak data yang ada di komputer.


Dari hasil analisis permasalahan, informasi dan telaah pustaka dilakukan suatu penggabungan (sintesis) untuk memperoleh solusi dari permasalahan yang dikaji yaitu maraknya tindak pencurian helm SNI (Standar Nasional Indonesia) di kawasan kampus. Solusinya yaitu dengan memanfaatkan Alarm Peka Sentuh (Travel Touch Alarm)yang diaplikasikan pada Helm SNI. Untuk mewujudkan sistem pengamanan tersebut diperlukan langkah-langkah pembuatan sebagai berikut :


1.    Kalkulasi Benefits/Cost Ratio

Bahan pembuatan pengaman Helm SNI
Alat/bahan
Spesifikasi
Banyaknya
Harga
Jumlah
Komputer administrator

Zyrex Ellipse ENL 330

1
3000000
3000000
Web Hosting
VPS Hosting 3GB
1
700000/tahun
700000
Koneksi Internet
IM2 Unlimited
1
1200000/tahun
1200000
Total
4900000

Pemasukan(1 Tahun) berasal dari hasil biaya pemasangan iklan dari target seluruh objek wisata dan iklan usaha pendukung objek wisata (restoran, toko cinderamata, dan iklan lain)  dihitung dalam waktu 1 tahun, sehingga:

Pemasukan(Iklan objek wisata)
                              = 30 x 100.000                                                = 3.000.000,00
Pemasukan (Iklan usaha pendukung)
                              = 20 x 200.000                                                = 4.000.000,00
Pengeluaran            = 4.900.000                                                    = 4.900.000,00
Keuntungan            = 7.000.000,00 – 4.900.000,00                          = 2.100.000,00

Revenue Cost Ratio ( R/C )
7.000.000,00
--------------- = 1.4
4.900.000,00


D.       MEKANISME PENCAPAIAN TUJUAN
Dalam tahap peninjauan sistem, akan dikumpulkan sofware-software pendukung dan sekaligus membeli hosting dan domain untuk website. Dalam tajap analisis sistem, akan dicari fitur-fitur apa saja yang akan disediakan dalam software JTMG.Dalam tahap desain sistem, akan didesain struktur kerja dari software JTMG dari media website maupun mobile application. Dalam software JTMG, mobile application menggunakan engine Java 2 Micro Edition (J2ME) dan website menggunakan engine PHP dan peta yang digunakan dari Google Maps. Setelah sistem di disain, maka tahap selanjutnya adalah prototyping dalam tahap ini, software rancangan JTMG akan dikompilasi dalam executable untuk selanjutnya pada tahap selanjutnya akan di evaluasi dan diujicobakan terlebih dahulu. Apabila software ini ditemukan kesalahan/kekurangan pada tahap ini, maka akan di benahi lagi hingga software ini dirasa bisa diimplementasikan. Pada tahap implementasi software JTMG digunakan sesuai tujuan awal.

PERSIAPAN(peninjauan pasar dan analisis) --> PELAKSANAAN PEMBUATAN(pembuatan dan uji coba) --> EVALUASI(penyempurnaan produk dan pengetesan ulang) --> PRODUKSI MASSAL(pembuatan dan pemasaran)
          
          Tahapan pelaksanaan program ini adalah:
1.      Persiapan
-          Perekrutan peserta program Volcano tour.
-          Perijinan tempat wisata Volcano Tour
-          Persiapan materi tentang gunung merapi
2.      Pelaksanaan Program
            Pembuatan board rangkaian Alarm Peka Sentuh (Travel Touch Alarm)
           
Langkah-langkah pembuatan board rangkaian alarm peka sentuh :
a.          Membuat desain layout pcb dari gambar skema yang telah ada
b.         Menggambar layout pada pcb
c.          Melakukan pelarutan
d.         Mengebor kaki komponen dan pemasangan komponen
e.          Menguji coba dan trouble shooting
f.          Memasang pada helm standar nasional Indonesia (SNI)
g.         Dalam pemasangan pada helm SNI, karena rangkaian  ini hanya menggunakan   komponen yang sedikit sehingga dapat dipasang di bagian rongga helm sanping kanan atau kiri (bagian telinga). Rangkaian ini tidak mengganggu penempatan telinga saat helm dipakai karena rangkaian ini dimensinya tidak begitu besar.

Pemasangan stiker konduktor pada helm SNI

Dalam aplikasi pada helm SNI, penempatan stiker konduktor diletakkan pada bagian-bagian yang sering dipegang orang jika membawa helm, seperti pada permukaan helm samping kanan dan samping kiri.


3. Evaluasi
      Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui hasil program kegiatan Volcano Tour sebagai Alternatif Wisata Edukatif Pasca Bencana untuk Siswa SMA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara malakukan wawancara mendalam kapada para peserta.

E.       RANCANGAN MATERI PROMOSI HASIL KARYA

1.    Website
Promosi karya dapat melalui website JTMG sendiri ataupun melalui website-website lain yang menyediakan iklan gratis, melalui website pariwisata, dan melalui forum-forum yang tersedia di internet.
2.    Leaflet
Leaflet yang dimaksudkan disini akan disebarkan di tempat-tempat strategis yang dimungkinkan wisatawan dapat mengaksesnya. Antara lain di rumah-rumah makan, bandara, terminal,stasiun kereta api dan hotel-hotel (penginapan).

3.    Stiker
Stiker dapat dibagikan secara gratis di tempat objek wisata yang mempunyai tingkat kedatangan wisatawannya tinggi.
4.    Facebook
Facebook saat ini sudah semakin menjamur dan sudah menjadi media yang sangat potensial untuk menyebarkan informasi, oleh karena itu software JTMG dan beberepa deskripsi penerapannya dapat dipublikasikan melalui facebook.

F.        SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN

1.      Sumber Daya Manusia (SDM)
Kegiatan
Penanggung jawab
Diskripsi pekerjaan
Target
Pelaksana 
Nova Suparmanto
Membuat prototype dan mengkompilasi source code software JTMG
Software JTMG dapat berjalan lancar dan sesuai rancangan desainnya.
Debugger
Mengevaluasi dan mengecek apakah ada kesalahan dalam software JTMG
Meminimalisir kesalahan software JTMG.
Surveyer
Adhi Wicaksono
Survei obat tradisional
Mendesain bentuk yang user-friendly.
Analisator Pasar
Mencari alterlatif dari buah mengkudu.
Mengetahui fitur apa saja yang digunakan sebagian besar wisatawan.



2.      Alat dan bahan
Alat/bahan
Spesifikasi
Banyaknya
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
IM2 Unlimited
2
100000
200.000
Konsumsi


2
200000
200.000
Sewa kamera & handycam


1
700000
700.000
Pace


1
150000
150.000
Publikasi
Leaflet + website + stiker
30 hari
1000000
1.000.000
CD blank
BenQ
10
2000
20.000
Transportasi
Untuk keperluan pemetaan tempat wisata
Untuk 2 orang
300.000
600.000
Insentif pembimbing


1 Orang
200.000
200.000
Kertas
A4
1
25.000
25.000
Tinta
Data print D40-41
4
24.000

96.000
Label CD
Glossy cyrcle
1 Pack


15.000
Amplop
8 buah


2.000
Total
3.208.000



G.      KEBERLANJUTAN

1.      Promosi melalui media massa dan media elektronik (Radio, televisi), perusahaan penyedia transportasi(perusahaan otobus, PT. KAI, dan perusaan penerbangan) dan melalui website Dinas Pariwisata DIY.
2.      Pemetaan dapat dilakukan menggunakan GPS dan kemudian dapat mendapat posisi yang yang lebih banyak objek wisata
3.      Terus menambah daftar tempat wisata dan objek-objek pendukung lainnya (toko, hotel,SPBU, rumah sakit, dll) ke dalam peta software JTMG.
4.      Memperkenalkan kepada pengelola objek wisata yang jauh dari kota dan agar ikut mensosialisasikan software ini dan memasukkan objek wisata tersebut dalam software JTMG.
5.      Disediakan call center sebagai informasi lebih lanjut dari wisatawan terhadap masing-masing objek wisata.

H.      TIM PENGUSUL

Jabatan
Nama
NIM
Fakultas/Jurusan/Prodi
Ketua Tim
Nova Suparmanto
09520241007
FT/Pend. Tek Elka/Tek. Informatika
Anggota
Adhi Wicaksono
09520241008
FT/Pend. Tek Elka/Tek. Informatika
Anggota
Rizki Aji Surya Putra
09520241003
FT/Pend. Tek Elka/Tek. Informatika

I.         PEMBIMBING

Jabatan
Nama
NIP
Fakultas/Jurusan/Prodi
Pembimbing
Pramudi Utomo, M.Si

131576241

Teknik/P.T. Elektronika


J.        LAMPIRAN























Tidak ada komentar: