Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 September 2010

PENGAMANAN HELM MOTOR DI DAERAH WISATA DENGAN MEMANFAATKAN ALARM PEKA SENTUH




Bidang: Pariwisata

PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010












PENGAMANAN HELM MOTOR DI DAERAH WISATA DENGAN MEMANFAATKAN ALARM PEKA SENTUH






DISUSUN OLEH :

AMINUDIN                                        NIM. 09501241019
NOVA SUPARMANTO                     NIM. 09502241007




UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2010







PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010





Judul                : Pengamanan Helm Motor di Daerah Wisata dengan
Memanfaatkan Alarm Peka Sentuh



Ketua Tim / Penanggung Jawab
Nama                                  : Nova Suparmanto
NIM                                    : 09520241007
Perguruan Tinggi                 : Universitas Negeri Yogyakarta
Fak./Jur/Prodi                      : Teknik/ Pend. Teknik Elektronika/
                                              Pend. Teknik Informatika

Jumlah Anggota Tim           : 1 Orang mahasiswa


Yogyakarta, 26 Mei 2010

Mengetahui,
Dosen Pembimbing




nama
NIP
Ketua Tim/Penanggung Jawab,





nama
NIM

Mengetahui,
Pembantu Dekan III FT UNY


nama
NIP



A.       LATAR BELAKANG
Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna. Berbagai macam flora yang ada di Indonesia mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Ada yang sebagai bahan industri, tanaman hias, maupun berkhasiat sebagai obat alami. Dan diantara flora yang berkhasiat sebagai obat, salah satunya adalah tanaman mengkudu (Morinda citrifolia). Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai pace, kemudu, kudu; cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), wengkudu (Bali).
Tanaman mengkudu tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol. Tanaman ini yang dimanfaatkan adalah buahnya.  (www.wikipedia.org).
Buah mengkudu mempunyai khasiat menstabilkan tekanan darah. Apabila seseorang mempunyai tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi) kemudian mengonsumsi buah mengkudu  maka buah mengkudu akan menurunkan tekanan darah. Dan apabila seseorang mempunyai tekanan darah terlalu rendah (hipotensi) kemudian mengonsumsi buah mengkudu maka buah mengkudu akan menaikkan tekanan darah.
Menurut penelitian dr. Mona Harrison dari fakultas Kedokteran Universitas Bolton, konsumsi sari buah megkudu akan membantu penyediaan hormone xeronine. Xeronine dari mengkudu bekerja secara kontradiktif. Pada penderita tekanan darah tinggi, xeronin menurunkan tekanan darah menjadi normal. Pada penderita tekanan darah rendah, mengkudu meningkatkan tekanan darah darah. Dengan kata lain, sari buah mengkudu berfungsi sebagai adaptogen, penyeimbang fungsi sel-sel tubuh.
Namun banyak orang yang mempunyai gangguan tekanan darah lebih memilih meminum obat-obatan kimia. Padahal obat-obatan kimia tersebut mempunyai efek samping yang merugikan bagi tubuh. Dan pada umumnya orang-orang tidak tertarik akan buah mengkudu dikarenakan rasa dan aromanya yang tidak enak.
Melihat permasalahan tersebut penulis terdorong untuk mengangkat judul  Pembuatan Nata dari Buah Mengkudu (Nata de Morinda) sebagai Alternatif Makanan Tradisional yang Menyehatkan. Dengan adanya inovasi ini diharapkan menjadi solusi agar buah mengkudu lebih diminati masyarakat disamping sebagai makanan yang nikmat juga sebagai obat herbal yang alami guna mengatasi tekanan darah abnormal.

B.       TUJUAN DAN HASIL YANG AKAN DICAPAI
1.         Tujuan yang ingin dicapai dari karya tulis ini yaitu :
a.         Untuk memaksimalkan khasiat obat-obat tradisional.
b.        Untuk mengenalkan dan menyadarkan masyarakat tentang khasiat buah mengkudu.
c.         Untuk membuat kemasan baru, dalam menyajikan buah mengkudu agar lebih menarik.

2.         Hasil yang akan dicapai
Hasil yang akan dicapai dari LITM bidang Makanan Tradisional ini adalah produk makanan berupa nata nikmat yang terbuat dari buah mengkudu sebagai alternatif makanan tradisional yang menyehatkan.


C.       ANALISIS PASAR DAN EKONOMI
1.    Pasar riil dan potensi pasar
Banyaknya penyakit kronis yang terjadi di masyarakat
            Berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, tumor, radang usus, darah tinggi, darah rendah, dan masih banyak lagi penyakit yang sangat beresiko.

Masih menggunakan obat-obat kimia
Saat ini masyarakat lebih memilih mengkonsumsi obat-obat kimia karena ekonomis dan praktis. Tetapi efek samping yang dihasilkan oleh obat kimia sangat berbahaya bagi tubuh. Obat tradisional menjadi alternatif karena tidak ada efek samping yang dihasilkan, tetapi masyarakat tidak tertarik karena kemasan yang disajikan tidak menarik. Salah satu obat tradisional yang belum dimanfaatkan adalah buaWh mengkudu. 

Buah mengkudu belum disajikan dengan kemasan menarik
Walaupun masyarakat sebagian besar mengetahui khasiat dari buah mengkudu, tetapi mereka belum berminat karena tampilan dan kemasan dari buah mengkudu sampai saat ini belum menarik.

Beberapa kemasan yang ada di pasaran dari buah mengkudu saat ini adalah :
a.         Kapsul
b.        Diolah manual dijadikan jus
Namun kedua kemasan tersebut masih belum memiliki daya tarik yang tinggi terhadap masyarakat, sehingga diperlukan kemasan lain yang lebih bagus, yaitu berupa nata.
Maria Goreti Waha dalam bukunya : Sehat Dengan Mengkudu, mengungkapkan tentang laporan-laporan khasiat tanaman Mengkudu yang juga terdapat pada tulisan-tulisan kuno yang dibuat kira-kira 2000 tahun yang lalu, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han di Cina. Bahkan juga dimuat dalam cerita-cerita pewayangan yang ditulis pada masa pemerintahan raja-raja di pulau Jawa ratusan tahun yang lalu. 

Potensi Nata dari buah Mengkudu

            Nata dari buah mengkudu berpotensi menarik perhatian masyarakat dan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap obat tradisional karena sudah dikemas dalam bentuk yang berbeda. Dengan menjadi nata, maka rasa dari buah mengkudu lebih enak, aromanya tidak bau lagi dan lebih ekonomis tanpa menghilangkan kandungan zat yang ada di dalam buah mengkudu.

Program Volcano Tour mamiliki prospek yang menjanjikan karena banyak faktor yang mendukung keberlanjutan program ini.
Posibility
  1. Pembelajaran yang belum maksimal sehingga membutuhkan media yang langsung dapat dirasakan manfaatnya.
  2. Merupakan bentuk wisata yang mendidik.
  3. Kebutuhan akan pembelajaran langsung sangat besar terutama untuk pelajar SMA.
  4. Guru membutuhkan media untuk mensosialisasikan pembelajarannya di sekolah.
Profitability
1.      Pangsa pasar sangat luas mengingat jumlah SMA di DIY dan diluar DIY sangat banyak.
2.      Desain wisata yang berbeda.
3.      Pengembangan metode pembelajaran membutuhkan pembelajaran langsung yang konkrit mengacu pada obyek yang dipelajari..
4.      Pelajar SMA merupakan sasaran utama program “volcano tour “ ini.


2.    Kalkulasi Benefits/Cost Ratio

Bahan pembuatan server software JTMG .
Alat/bahan
Spesifikasi
Banyaknya
Harga
Jumlah
Komputer administrator

Zyrex Ellipse ENL 330

1
3000000
3000000
Web Hosting
VPS Hosting 3GB
1
700000/tahun
700000
Koneksi Internet
IM2 Unlimited
1
1200000/tahun
1200000
Total
4900000

Pemasukan(1 Tahun) berasal dari hasil biaya pemasangan iklan dari target seluruh objek wisata dan iklan usaha pendukung objek wisata (restoran, toko cinderamata, dan iklan lain)  dihitung dalam waktu 1 tahun, sehingga:

Pemasukan(Iklan objek wisata)
                              = 30 x 100.000                                                = 3.000.000,00
Pemasukan (Iklan usaha pendukung)
                              = 20 x 200.000                                                = 4.000.000,00
Pengeluaran            = 4.900.000                                       = 4.900.000,00
Keuntungan            = 7.000.000,00 – 4.900.000,00                      = 2.100.000,00

Revenue Cost Ratio ( R/C )
7.000.000,00
--------------- = 1.4
4.900.000,00


D.       MEKANISME PENCAPAIAN TUJUAN
Dalam tahap peninjauan sistem, akan dikumpulkan sofware-software pendukung dan sekaligus membeli hosting dan domain untuk website. Dalam tajap analisis sistem, akan dicari fitur-fitur apa saja yang akan disediakan dalam software JTMG.Dalam tahap desain sistem, akan didesain struktur kerja dari software JTMG dari media website maupun mobile application. Dalam software JTMG, mobile application menggunakan engine Java 2 Micro Edition (J2ME) dan website menggunakan engine PHP dan peta yang digunakan dari Google Maps. Setelah sistem di disain, maka tahap selanjutnya adalah prototyping dalam tahap ini, software rancangan JTMG akan dikompilasi dalam executable untuk selanjutnya pada tahap selanjutnya akan di evaluasi dan diujicobakan terlebih dahulu. Apabila software ini ditemukan kesalahan/kekurangan pada tahap ini, maka akan di benahi lagi hingga software ini dirasa bisa diimplementasikan. Pada tahap implementasi software JTMG digunakan sesuai tujuan awal.           
          Tahapan pelaksanaan program ini adalah:
1.      Persiapan
-          Perekrutan peserta program Volcano tour.
-          Perijinan tempat wisata Volcano Tour
-          Persiapan materi tentang gunung merapi
2.      Pelaksanaan Program
      Pelaksanaan program Volcano Tour melibatkan sejumlah peserta yang berasal dari SMA untuk mengunjungi objek wisata gunung Merapi. Dalam pelaksanaannya diberikan juga materi-materi tentang kegunung apian, misalnya jenis-jenis letusan gunung, material yang dikeluarkan saat gunung meletus dan struktur gunung berapi.
3. Evaluasi
      Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui hasil program kegiatan Volcano Tour sebagai Alternatif Wisata Edukatif Pasca Bencana untuk Siswa SMA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara malakukan wawancara mendalam kapada para peserta.

E.       RANCANGAN MATERI PROMOSI HASIL KARYA

1.    Website
Promosi karya dapat melalui website JTMG sendiri ataupun melalui website-website lain yang menyediakan iklan gratis, melalui website pariwisata, dan melalui forum-forum yang tersedia di internet.
2.    Leaflet
Leaflet yang dimaksudkan disini akan disebarkan di tempat-tempat strategis yang dimungkinkan wisatawan dapat mengaksesnya. Antara lain di rumah-rumah makan, bandara, terminal,stasiun kereta api dan hotel-hotel (penginapan).

3.    Stiker
Stiker dapat dibagikan secara gratis di tempat objek wisata yang mempunyai tingkat kedatangan wisatawannya tinggi.
4.    Facebook
Facebook saat ini sudah semakin menjamur dan sudah menjadi media yang sangat potensial untuk menyebarkan informasi, oleh karena itu software JTMG dan beberepa deskripsi penerapannya dapat dipublikasikan melalui facebook.

F.        SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN

1.      Sumber Daya Manusia (SDM)
Kegiatan
Penanggung jawab
Diskripsi pekerjaan
Target
Pelaksana 
Nova Suparmanto
Membuat prototype dan mengkompilasi source code software JTMG
Software JTMG dapat berjalan lancar dan sesuai rancangan desainnya.
Debugger
Mengevaluasi dan mengecek apakah ada kesalahan dalam software JTMG
Meminimalisir kesalahan software JTMG.
Surveyer
Aminudin
Survei obat tradisional
Mendesain bentuk yang user-friendly.
Analisator Pasar
Mencari alterlatif dari buah mengkudu.
Mengetahui fitur apa saja yang digunakan sebagian besar wisatawan.



2.      Alat dan bahan
Alat/bahan
Spesifikasi
Banyaknya
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
IM2 Unlimited
2
100000
200.000
Konsumsi


2
200000
200.000
Sewa kamera & handycam


1
700000
700.000
Pace


1
150000
150.000
Publikasi
Leaflet + website + stiker
30 hari
1000000
1.000.000
CD blank
BenQ
10
2000
20.000
Transportasi
Untuk keperluan pemetaan tempat wisata
Untuk 2 orang
300.000
600.000
Insentif pembimbing


1 Orang
200.000
200.000
Kertas
A4
1
25.000
25.000
Tinta
Data print D40-41
4
24.000
96.000
Label CD
Glossy cyrcle
1 Pack


15.000
Amplop
8 buah


2.000
Total
3.208.000



G.      KEBERLANJUTAN

1.      Promosi melalui media massa dan media elektronik (Radio, televisi), perusahaan penyedia transportasi(perusahaan otobus, PT. KAI, dan perusaan penerbangan) dan melalui website Dinas Pariwisata DIY.
2.      Pemetaan dapat dilakukan menggunakan GPS dan kemudian dapat mendapat posisi yang yang lebih banyak objek wisata
3.      Terus menambah daftar tempat wisata dan objek-objek pendukung lainnya (toko, hotel,SPBU, rumah sakit, dll) ke dalam peta software JTMG.
4.      Memperkenalkan kepada pengelola objek wisata yang jauh dari kota dan agar ikut mensosialisasikan software ini dan memasukkan objek wisata tersebut dalam software JTMG.
5.      Disediakan call center sebagai informasi lebih lanjut dari wisatawan terhadap masing-masing objek wisata.

H.      TIM PENGUSUL

Jabatan
Nama
NIM
Fakultas/Jurusan/Prodi
Ketua Tim
Nova Suparmanto
08520244014
FT/Pend. Tek Elka/Tek. Informatika
Anggota
Aminudin
09501241019
FT/Pend. Tek Elko/Tek. Elektro

I.         PEMBIMBING

Jabatan
Nama
NIP
Fakultas/Jurusan/Prodi
Pembimbing
Pramudi Utomo, M.Si

131576241

Teknik/P.T. Elektronika


J.        LAMPIRAN


Tidak ada komentar: