Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 28 September 2010

PEMBUATAN GETHUK BERANEKA RASA DENGAN DENGAN BAHAN DASAR UMBI UWI


PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010












PEMBUATAN GETHUK BERANEKA RASA
DENGAN DENGAN BAHAN DASAR UMBI UWI




DISUSUN OLEH :

DIAH FATMAWATI
09513241016
BAYU ARYOYUDANTA
08520241026
AMINUDIN
09501241019






UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
YOGYAKARTA






PROPOSAL
LOMBA TEKNOLOGI  DAN INOVASI MAHASISWA
TAHUN 2010







Judul :

Pembuatan Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi




Ketua Tim / Penanggung Jawab
Nama                                  : Diah Fatmawati
NIM                                    : 09513241016
Perguruan Tinggi                 : Universitas Negeri Yogyakarta
Fak./Jur/Prodi                      : Teknik/Boga Busana/P.Tek.Busana

Jumlah Anggota Tim           :  2 Orang mahasiswa




Mengetahui,
Dosen Pembimbing



nama
NIP
Yogyakarta, 31 Mei 2010
Ketua Tim/Penanggung Jawab,



nama
NIM
Mengetahui,
Pembantu Dekan III FT UNY



nama
NIP



A.       LATAR BELAKANG
Yogyakarta sebagai kota budaya yang memiliki banyak kebudayaan baik dari budaya, kultur, pakaian, kuliner dan lain – lain menjadikan salah satu kekayaan dan daya tarik kota yogyakarta sebagai kota budaya. Keaneka ragaman jenis kuliner terutama makanan tradisional telah dikenal oleh banyak orang baik dari orang jogja sendiri maupun khalayak ramai dari luar kota jogjakarta.
Banyaknya jenis kuliner yang ada di yogyakarta baik kuliner yang tergolong modern maupun tradisional banyak digemari oleh banyak pihak. Makanan khas seperti gethuk, bakpia, yangko, geplak dan lain – lain sangat lah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Selain berbagai jenis makanan tersebut yogyakarta juga terkenal memiliki banyak makanan tradisional dengan rasa yang sangat enak dengan bahan dasar umbi – umbian maupun bahan lainnya.
Makanan tradisional yang banyak dijumpai banyak yang berbahan dasar umbi – umbian seperti singkong, talas, gadung, uwi dan lain – lain. Makanan tradisional yang berbahan dasar umbi – umbian ini memiliki rasa yang khas serta memiliki tingkat kandungan karbohidrat, dan gizi yang tidak sedikit. Selain itu makanan ini juga murah harganya dan mudah dikembangkan karena tidak mengenal musim dalam penanamannya.
Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, kini makanan – makanan tradisional tersebut semakin banyak ditinggalkan. Terutama oleh kalangan muda di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan banyaknya makanan yang bersifat modern yang membuat kawula muda enggan untuk mengkonsumsi makanan tradisional tersebut. Bahkan kesan ’ndeso’ juga membuat kawula muda enggan untuk mengkonsumsi dan melestarikan makanan tradisional khususnya yang berbahan dasar umbi uwi.
Uwi atau ubi kelapa (Dioscorea alata L. syn. D. atropurpurea Roxb.) merupakan sejenis umbi-umbian pangan. Banyak kultivarnya yang memiliki umbi berwarna ungu sehingga dalam bahasa Inggris dikenal sebagai purple yam. Dalam bahasa Melayu dikenal sebagai ubi saja dan bersifat generik, sehingga nama bahasa Indonesia diambil dari nama bahasa Jawa untuk membedakannya dari jenis-jenis ubi yang lain.
Uwi adalah tumbuhan merambat yang dapat mencapai panjang 10m. Daun berbentuk mata panah. Tumbuhan memiliki bunga tersusun majemuk, tumbuh dari ketiak daun, berumah satu. Bunga jantan tersusun rapat 1-3cm; bunga betina tersusun jarang, lebih panjang, 15-20cm; mahkota berwarna ungu dengan panjang 2mm. Ia dapat diperbanyak secaravegetatif menggunakan umbi akar (akar yang membesar) atau umbi udara (umbi yang keluar dari ruas batang). Umbi akarnya dapat berukuran sangat besar, dengan panjang lebih dari satu meter
Pemerintah sebagai pihak pelestari  sudah sepantasnya memberikan inovasi – inovasi guna melestarikan makanan tradisional yang berbahan dasar uwi sebagai pelestari makanan tradisional. Untuk itu dalam perlunya inofasi agar meningkatkan nilai dari produk makanan tradisional yang berbahan dasar umbi uwi yaitu dengan membuat produk makanan Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi.
Dengan adanya inovasi ini nantinya dapat meningkatkan potensi makanan tradisional dengan umbi uwi yang tadinya hanya mungkin diolah dengan direbus atau di kukus nantinya akan berupa produk makanan berupa Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi. Sehingga nantinya bisa memberikan nilai jual maupun daya tarik secara lebih.
Produk ini nantinya diharapkan juga dapat dijadikan salah satu komoditi produk makanan tradisional yang nantinya dapat menjadi salah satu icon dalam komoditi makanan tradisional yang dapat dikenalkan kepada wisatawan maupun kawula muda di jogja maupun luar jogja. Sehingga nantinya produk makanan tradisional Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi nantinya memberikan income kepada warga yogyakarta serta menigkatkan pemasukan pemerintah di bidang makanan tradisional khas Yogyakarta.

B.     TUJUAN DAN HASIL YANG AKAN DICAPAI
1.      Tujuan
a.       Dapat menghasilkan resep dan produk makanan tradisional berupa gethuk beraneka rasa berbahan dasar umbi uwi.
b.      Unjuk hasil dari produk makanan tradisional gethuk beraneka rasa berbahan  dasar umbi uwi
2.      Hasil yang akan dicapai
Hasil yang akan dicapai pada program LITM bidang makanan tradisional ini nantinya ialah terciptanya sebuah produk makanan tradisional berupa gethuk beraneka rasa dengan bahan dasar umbi uwi. Serta nantinya produk makanan ini dapat dijadikan salah satu komoditi perdagangan serta bisa menjadi salah satu icon makanan tradisional di Yogyakarta

C.     ANALISIS PASAR DAN EKONOMI
1.    Pasar riil dan potensi pasar
Yogyakarta yang merupakan kota budaya menjadikan yogyakarta memiliki banyak makanan tradisional yang dapat dijadikan makanan khas serta komoditi perdagangan membuat makanan tradisional yang ada di yogyakarta memerlukan inovasi dalam pengolahan makanan terutama dengan adanya pengaruh modernisasi pada makanan menjadikan makanan taradisional kurang diminati terutama makanan tradisional yang berbahan dasar umbi Uwi.
Potensi bahan dasar Umbi Uwi yang sangat melimpah di desa – desa dan juga perkembangan hasil produksi pertanian umbi uwi yang sangat mudah untuk dikembangkan menjadikan bahan dasar ini baik untuk dikembangkan sebagai makanan tradisional. Yang nantinya diharapkan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, pemerintah maupun pelaku di bidang komoditi makanan tradisional.
Kekurangan yang terjadi ialaha kurangnnya perkembangan hasil olahan yang berbahan dasar umbi uwi menjadikan makanan tradisional ini kurang diminati. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi – inovasi yang membuat makanan khas ini bisa bersaing dengan makanan – makanan modern lainnya. Untuk itu perlu adanya inovasi dalam variasi produk makanan tradisional berbahan dasar umbi uwi ini. sehingga inovasi berupa pembuatan makanan tradisional berupa Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi.
Nantinya produk makanan tradisional Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi ini akan menjadi salah satu komoditi pemasaran yang terkait dengan posisi kota yogyakarta sebagai kota budaya dan kota pariwisata. Produk makanan ini nantinya akan menjadikan makanan ini menjadi lebih menarik untuk diminati oleh kawula muda serta dijadikan komoditi perdagangan.


2.    Kalkulasi Benefits/Cost Ratio
a.       Rancagan Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan makanan tradisional

Biaya investasi alat
No
Uraian
Spesifikasi
banyaknya
Harga
Jumlah
1
Investasi Alat





Alat Memasak
Paket
1
200000
200000
Total
200000






Dengan asumsi pengembalian alat selama 6 bulan yaitu Rp. 200.000,00 / 6 = Rp. 33.333,33
Dibulatkan Rp. 35.000,00

Biaya Produksi per hari
No
Uraian
Spesifikasi
banyaknya
Harga
Jumlah
1
Biaya memasak





Biaya bahan bakar memasak
Paket (hari)
1
20000
20000
2
Bahan Dasar





Uwi
Kilo
10
1500
15000

Gula
Kilo
5
9000
45000

Ekstrak Rasa
paket
4
4000
16000

Bahan  pendukung
paket
1
20000
20000
3
Kemasan





kertas dan plastik kemasan
paket
200
200
40000
Total
156000

b.      Gambaran pendapatan dari penjualan Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi.

Hasil penjualan
No
Uraian
Nominal
Banyaknya
Jumlah
1
hasil Penjualan
1000
200
200000

Keuntungan per-hari
Rp. 200.000,00 – Rp.156.000,00 = Rp. 44.000,00

Keuntungan per-bulan Rp. 44.000,00 X 30 = Rp. 1.320.000,00

Keuntungan perbulan pada enam bulan pertama
Rp. 1.320.000,00 - Rp. 35.000,00 = Rp. 1.285.000,00


c.       Cost ratio
                                      

ratio = pemasukan/pengeluaran



ratio = 5.975.000/4.680.000

Ratio = 1.27











D.       MEKANISME PENCAPAIAN TUJUAN

Dalam pembuatan Pembuatan Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi ini akan melewati beberapa tahapan yaitu :
1.      Tahap Analisa bahan
Tahap analisa bahan merupakan tahap dimana dilakukannya analisa bahan yang digunakan untuk membuat produk Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi
2.      Percobaan  resep
Pada tahapan ini dilakukan riset serta percobaan untuk mendapatkan resep serta rancangan produk Gethuk Beraneka Rasa dengan Berbahan Umbi Uwi.
3.       Proses pembuatan / produksi
Pada proses ini dilakukan produksi produk sebagai produk yang nantinya akan dipasarkan.
4.      Proses Pemasaran
Setelah prose produksi selesai dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan proses pemasaran produk Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi ke masyarakat luas baik secara langsung maupun melewati pusat oleh – oleh.

E.       RANCANGAN MATERI PROMOSI HASIL KARYA
1.    Promosi pada event – event kuliner
Yogyakarta sebagai kota wisata dan budaya sering mengadakan pameran budaya dan kuliner baik modern maupun tradisional. Dengan adanya event ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai event untuk mempromosikan produk makanan tradisional Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi.
2.    Website
Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi dapat dilakukan melalui official website, website pendidikan kota maupun forum – forum di internet yang relevan.
3.    Leaflet
Leaflet digunakan untuk memberikan informasi mengenai Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi secara cetak dan dapat disebarkan pada perpustakaan – perpustakaan, instansi pendidikan dan lain – lain.
4.    Facebook
Facebook sebgai media jejaring sosial yang sangat populer dapat digunakan sebagai media untuk melakukan promosi Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Uwi secara luas.
F.        SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN
1.    Sumber Daya Manusia (SDM)
Peran
Penanggung Jawab
Job Deskripsi
Target
Koki




Diah Fatmawati
Proses produksi Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Umbi Uwi
Tercipta makanan tradisional Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan dasar Umbi Uwi

Bayu Aryoyudanta


Pemasaran




Aminudin
Memasarkan produk Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi





2.    Alat dan bahan
No
Uraian
Spesifikasi
banyaknya
Harga
Jumlah
1
Investasi Alat





Alat Memasak
Paket
1
200000
200000
2
Biaya memasak





Biaya bahan bakar memasak
Paket (hari)
1
20000
20000
3
Bahan Dasar





Uwi
Kilo
10
1500
15000

Gula
Kilo
5
8000
40000

Ekstrak Rasa
paket
4
4000
16000

Bahan  pendukung
paket
1
20000
20000
4
Kemasan





kertas dan plastik kemasan
paket
200
100
20000
Total
331000



















G.      KEBERLANJUTAN
Keberlanjutan dari pembuatan produk makanan tradisional Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi Uwi nantinya akan dilakukan berbagai upaya antara lain seperti berikut :

1.      Mempublikasikan project secara luas melaui  internet
2.      Mengusulkan kepada dinas pendidikan agar software Aplikasi Mobile Library Client dengan J2ME dapat digunakan di semua perpustakaan sekolah.
3.      Melakukan riset dan pengembangan terhadap Aplikasi Mobile Library Client dengan J2ME agar mampu memiliki fitur yang baru serta dapat meningkatkan efisiensinya.


H.      TIM PENGUSUL

Nama
NIM
Fakultas
Prodi
Jabatan
Diah Fatmawati
09513241016
Teknik
Pendidikan Teknik Busana
Ketua
Bayu Aryoyudanta
08520241026
Teknik
Pendidikan Teknik Informatika
Anggota
Aminudin
09501241019
Teknik
Pendidikan Teknik Elektro
Anggota



I.         PEMBIMBING

Nama
NIP
Fakultas
Prodi
Jabatan


Teknik
Pendidikan Teknik Boga
Pembimbing




J.        LAMPIRAN
1.      Rancangan Diagram Proses Pembuatan Software Aplikasi Mobile Library Client dengan J2ME

ANALISA BAHAN --> PERCOBAAN RESEP --> PROSES PEMBUATAN --> PROSES PEMASARAN


2.      Time line jadwal proses pembuatan software Aplikasi Mobile Library Client dengan J2ME

No
Uraian
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan ke-4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Analisa bahan
















2
Rancang Awal
















3
Revisi rancangan
















4
produksi
















5
Testing
















9
Pemasaran
















10
Penyusunan Laporan
















11
Konsultasi
















12
Revisi
















13
Persiapan Seminar
















14
Seminar Hasil





























Tidak ada komentar: